9 TIPE DASAR MANUSIA MENURUT ENEAGRAM

Apa itu Eneagram?? Eneagram adalah studi tentang sembilan tipe dasar manusia. Studi ini memberikan penjelasan tentang perilaku manusia sehari-hari, meberikan petunjuk dan arahan umtuk pertumbuhan seseorang dalam lingkungan. Jadi, intinya Eneagram itu adalah sarana penting buat kita dalam mengembangkan hubungan interaksi antar sesama, mungkin ini bermanfaat dalamkehidupan sehari terlebih buat anda yang mau dan dalam proses pedekate...hehehe..
Berikut sembilan tipe dasar manusia berdasar studi Eneagram.


  1. Perfeksionis: realistis, penuh pertimbangan, dan memegang prinsip. Mereka berusaha menjalani hidup dengan standar ideal tinggi.
  2. Penolong: hangat, peduli, pengasuh, dan peka terhadap kebutuhan orang lain.
  3. Pengejar prestasi: energik, optimis, percaya diri, dan berorientasi tujuan.
  4. Romantis: memiliki perasaan yang peka, pribadi yang hangat, dan pengertian.
  5. Pengamat: memiliki suatu kebutuhan akan pengetahuan, dan adalah pribadi yang introver, pnuh rasa ingin tahu, analistis, dan berwawasan.
  6. Pencemas: bertanggung jawab, bisa dipercaya, dan menjunjung tinggi kesetiaan pada keluarga, teman, kelompok, dll. Kisaran kepribadian tipe ini cukup luas, mulai dari menarik diri dan kaku hingga berani mengungkapkan pikirannya dan melawan.
  7. Pejuang: terus terang, mengandalkan diri sendiri dan protektif.
  8. Petualang: energik, penuh vitalitas, dan optimis. Orang-orang bertipe ini ingin memberi sumbangsih kepada dunia.
  9. Pendamai: mudah menerima, suka menyenangkan orang lain, dan mendukung. Pribadi semacam ini mencoba menyatu dengan orang lain dan lingkungan sekitarnya.
Nah.. dengan demikian setelah menyimak artikel ini diharapkan anda bisa lebih jauh lagi mengembangkan sendiri tipe-tpe dasar diatas berdasarkan diri anda sensiri  dan kami yakin andapun bisa 'intropeksi' untuk menetukan tipe anda sendiri sebenarnya! Demikian, semoga bermanfaat..!.(@dhedi'sh / Sumber : VIVAforum)