44% ORANG TIDUR DENGAN PONSELNYA



Kebanyakan tak mau kehilangan panggilan telepon atau pesan masuk.

Apakah Anda termasuk dalam 29% orang yang tidak bisa hidup dengan ponselnya? Menurut studi terbaru Pew Research, orang yang sudah kecanduan ponsel akan sulit untuk bisa berpisah dengan ponselnya. Bahkan teman-temannya pun tidak bisa menolongnya untuk menghentikan perilaku adiktif itu.

Studi tersebut memperlihatkan bahwa hanya 12% pemilik ponsel yang merasa orang-orang dapat memahami kecanduannya pada ponsel. Sedangkan 39% lain mengaku bahwa keluarga, dan teman-temannya sering komplain atas kebiasaannya berasik-masyuk dengan ponselnya terlalu lama.

Studi ini melibatkan 2254 orang dewasa di Amerika Serikat. Hasilnya, sebanyak 67% responden selalu memeriksa apakah ada pesan masuk, panggilan, atau peringatan, walaupun ponselnya tidak berdering atau bergetar. Bahkan 44% pemilik ponsel tidur bersama dengan ponselnya di tempat tidur, sebab mereka tak mau kehilangan panggilan telepon atau pesan masuk.

Apa saja ciri dari kecanduan ponsel? Jika begitu bangun tidur Anda langsung memeriksa ponsel, atau sering memeriksa ponsel tanpa peduli etika sosial, bisa jadi itu adalah gejala utamanya. Bahkan Anda mengambil risiko untuk tetap berponsel-ria walau sedang berkendara atau jalan kaki di jalan raya? Itu tandanya sudah makin parah. Atau bahkan Anda merasa stres berat ketika koneksi ponsel terputus?

“Para pemilik ponsel sebagian merasa aman-aman saja dengan kebiasaan berponselnya. 15% dari mereka ada juga yang khawatir saat menghabiskan waktu terlalu lama dengan ponsel, tapi 85% lain merasa baik-baik saja,” komentar Aaron Smith, peneliti senior Pew Research & American Life Project.

Kelompok yang paling banyak tergantung pada ponselnya adalah pengguna Apple usia 18-24 tahun (22%). Angka mereka dua kali lipat dari pengguna Android dan Blackberry. (@dhedi'sh/ Sumber : VIVAlog)