ALUTSISTA BARU SEBAGAI TANTANGAN TNI AU

Helikopter Cougar EC725
Helikopter Cougar EC725
Dalam Rencana Strategis (Renstra) pembangunan TNI Angkatan Udara tahun 2010-2014, kedepan TNI AU secara signifikan akan menambah alat utama sistem senjata (alutsista). Sekitar 102 pesawat baru yang terdiri atas F-16, T-50, Sukhoi, Super tucano, CN-295, Hercules, Helikopter Cougar, Grob, KT-1, Boeing 737-500 maupun Radar akan segera memperkuat TNI AU.

Tambahan alutsista ini tentunya akan menumbuhkan rasa kebanggaan, namun sekaligus juga sebagai tantangan dalam upaya menyusun kekuatan TNI AU maupun pemeliharaannya. Diharapkan dengan pelaksanaan Renstra 5 tahunan, pertumbuhan dan perkembangan TNI AU ke depan secara bertahap mampu mewujudkan impian tersebut.

Untuk itu, agar dapat melaksanakan tugas sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, maka kebijakan yang ditempuh TNI AU yakni Minimum Essensial Force atau Kekuatan Pokok Minimum merupakan jawaban yang tepat untuk diaplikasikan.

Demikian yang disampaikan Kepala Staf TNI AU Marsekal Madya TNI I.B. Putu Dunia, melalui Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Abdul Muis di hadapan tak kurang dari 1.200 personil Lanud Adisutjipto, saat apel khusus menyambut Tahun Baru 2013 yang digelar di lapangan Jupiter, Rabu, 2 Januari 2013.

Marsekal Pertama TNI Abdul Muis juga berpesan pada seluruh personil agar selalu meningkatkan kinerja dan profesionalisme dalam menjalankan setiap penugasan. Seluruh Prajurit dan PNS TNI hendaknya bersikap pro-aktif dan tetap pada tugas yang diemban dengan senantiasa terus meningkatkan kualitas diri dan kualitas hasil kerja mulai dari hal-hal yang terkecil, mulai dari diri sendiri, dan mulai dari sekarang juga.

Di kesempatan yang sama, Komandan Pangkalan TNI AU Marsekal Pertama TNI Abdul Muis  juga menyampaikan rasa terima kasih atas terlaksananya tugas-tugas di tahun 2012 dengan baik dan berharap adanya peningkatan kinerja di tahun 2013. (@dhedi'sh / Sumber : artileri.org)