PRICEAREA, MESIN PENCARI E-COMMERCE INDONESIA

Situs Pricearea
Situs Pricearea (pricearea.com )


Situs ini bekerja seperti mesin pencari Google.

Pertumbuhan situs jual beli di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mencapai ratusan ribu. Ini menunjukkan bisnis e-commerce sudah mulai diakomodasi oleh konsumen di Indonesia.

Namun masih tersimpan kendala, yaitu bagaimana pengguna dapat dengan mudah mencari sebuah harga dan perbandingan produk yang diinginkan. Tentu pengguna tak mau repot mencari satu per satu situs e-commerce tersebut.

Menyadari hal tersebut, muncul situs pencari untuk produk dan harga yang berbasis situs e-commerce, pricearea.com. Mesin pencari ini merupakan pelopor situs pencarian produk dan harga e-commerce di Indonesia.

"PriceArea merupakan pelopor mesin pencari dengan status terbesar dari segi data dan pengunjung yang mencapai 50 ribu per hari. Daftar produk yang ada di database mencapai 5 juta produk dengan 220 ribu penjual online seluruh Indonesia," kata Andry Suhaili, Founder dan CEO mesin pencari PriceArea  saat ditemui  dalam jelang malam apresiasi e-commerce ITEC 2012, di kawasan Epicentrum Kuningan, Jakarta, Rabu 31 Oktober 2012.

Mesin pencari ini memiliki fitur-fitur andalan seperti fitur belanja, untuk mempermudah pengguna menentukan produk dan harga yang sesuai keinginan, fitur jual untuk menjual produk bagi merchant. Ada juga fitur komunitas dan fitur aplikasi handphone.

Seperti halnya mesin pencari raksasa Google, dalam operasinya PriceArea mangadopsi sistem pencarian dengan metode clustering, yang membuat kategori produk hingga paling spesifik dalam struktur taksonomi data. Metode ini memudahkan pengguna untuk mendapatkan produk dengan harga yang diinginkan.

Andry menambahkan merchant tidak dikenai biaya saat memasukkan alamat situsnya di mesin pencari ini. Untuk fitur tinggal menyesuaikan keinginan dari pemilik merchant.

"Kami ada merchant board. Kami juga membantu para merchant dengan memberikan layanan seperti Google Analytycs," jelas Andry. Layanan analitik yang dimaksud yaitu daftar top product, trafik situs merchant.

Nilai tambah yang lain, menurutnya, yaitu layanan monetisasi merchant dengan fitur iklan. "Ini untuk promo listing, agar produk lebih terlihat oleh pengguna dan dapat ditampilkan berdasarkan dari demografi," katanya.

Platform untuk toko online juga merupakan media untuk ekspose produk para merchant. "Yang paling hit itu adalah produk mobil, motor, fashion dan aksesoris, handphone dan komputer," ujarnya.

Ia mengaku keberadaan mesin pencari ini membawa dampak signifikan bagi platformnya. Andry menyebutkan dalam kurun tiga bulan terakhir  pertumbuhan trafik data member mencapai 200 persen. Semua situs e-commerce yang ada di mesin pencari ini meupakan situs online lokal. (@dhedi'sh / Sumber : tekknologi.news.viva.co.id)