HAMBALANG DAN CENTURY, DUA MEGAKASUS PENENTU 2013

Boediono saat menghadapi Panitia Khusus Kasus Bank Century tahun 2009 lalu
Boediono saat menghadapi Panitia Khusus Kasus Bank Century tahun 2009 lalu (VIVAnews)

Faktor penegakan hukum jadi penentu dinamika politik 2013

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menemukan titik terang kasus proyek Hambalang dan bailout Bank Century. Bahkan, pada tahun 2012 KPK telah menetapkan Andi Mallarangeng sebagai tersangka dalam kasus Hambalang.

Menurut politisi Golkar, Bambang Soesatyo, kedua kasus itu akan mengguncang dinamika politik pada tahun 2013. Bahkan, kata dia, akan mengubah skenario persiapan partai pada Pemilu 2014 mendatang.

"Faktor penegakan hukum akan menjadi penentu dinamika politik 2013. Bahkan, Jika KPK bisa menjaga konsistensi dan independensinya dalam menangani beberapa kasus besar, akan terjadi guncangan politik," kata anggota komisi III ini, Selasa 1 Januari 2012.

Bambang mengatakan, dinamika politik 2013 akan dipengaruhi oleh sejumlah peristiwa penegakan hukum. Apalagi, pada tahun 2012 kemarin, KPK sudah memiliki bekal yang lebih dari cukup untuk menuntaskan kasus Century dan Hambalang.

Pada kasus Bank Century, kata anggota timwas Century itu, KPK bahkan sudah memberi sinyal kuat. Jika hasil pemeriksaan KPK atas tersangka Siti Fajriah dan Budi Mulya semakin memojokkan Boediono, desakan publik kepada DPR untuk menggunakan Hak Menyatakan Pendapat (HMP) DPR akan semakin kuat.

"Potensi guncangan politiknya akan sangat luar biasa besarnya begitu arus desakan publik terus menguat," kata dia.

Apalagi, kata dia, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan juga dikaitkan dengan kasus Bank Century. Gita merupakan pendiri kelompok bisnis Ancora. Sementara PT Ancora Land mengakuisisi PT Graha Nusa Utama (GNU) yang didirikan Robert Tantular. Di GNU inilah Robert Tantular diduga melakukan tindak pidana pencucian uang hasil jarahan dari Antaboga dan Bank Century.

"DPR, khususnya timwas Century akan mengagendakan pemanggilan Gita. Begitu pemanggilan Gita terlaksana, dampak politiknya tentu saja pada keseimbangan kabinet. Citra kabinet yang terus memburuk mendorong berbagai elemen masyarakat mendesak presiden melakukan bersih-bersih di tubuh Kabinet," kata dia.

Sementara, pada kasus Hambalang, KPK akan mengumumkan nama tersangka baru untuk kasus ini pada 2013. "Selama ini, publikasi tentang calon tersangka baru itu sudah diarahkan pada figur yang dekat istana dan pimpinan parpol besar. Kalau ekspektasi publik itu jadi kenyataan, dampaknya terhadap Pemilu 2014 tentu saja akan sangat luar biasa. Tersangka baru itu bukan tidak mungkin bisa mengubah peta kekuatan politik menuju pemilu 2014," kata dia.(@dhedi'sh / Sumber : politik.news.viva.co.id)