CARA SEDERHANA MENCEGAH FLU DI MUSIM HUJAN

Flu berat bisa mengganggu aktivitas harian Anda.
Musim hujan dan cuaca yang dingin berisiko menyebabkan terjadinya serangan influenza. Seringkali, banyak orang menyepelekan virus satu ini. Padahal, jika flu yang dialami merupakan flu berat bisa mengganggu aktivitas harian Anda.
Flu yang disertai demam, batuk dan bersin-bersin, biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk disembuhkan.
Namun, ada cara sederhana yang bisa membantu Anda agar terhindar dari serangan flu di musim penghujan.
Seperti diberitakan Fitsugar, rutin mencuci tangan dan mendapatkan vaksinasi flu adalah hal sederhana yang bisa membantu Anda terhindar dari serangan influenza.
Mengkonsumsi makanan sehat juga bisa membantu Anda meningkatkan kekebalan tubuh, agar tubuh tak mudah terserang flu. Berikut beberapa nutrisi penting yang bisa membantu Anda melawan flu.

Zinc
Zinc (seng) adalah mineral penting untuk membantu mempertahankan fungsi tubuh normal seperti penyembuhan luka, mineralisasi tulang, pertumbuhan jaringan, dan fungsi tiroid.
Zinc juga telah terbukti secara signifikan mempersingkat durasi penyakit flu yang Anda alami. Segera konsumsi tablet zinc atau suplemen yang mengandung zinc saat Anda merasa tenggorokan mulai meradang. Atau bisa juga mengkonsumsi makanan alami kaya zinc seperti daging, seafood, produk susu, juga biji-bijian dan kacang-kacangan.

Air mineral 

Setiap kali bepergian, jangan lupa membawa bekal sebotol air mineral. Air mineral bermanfaat untuk mencegah dehidrasi. Walaupun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa mengkonsumsi air putih atau air mineral dapat mencegah flu, namun air dapat membersihkan kuman dan penyakit serta membawa mereka keluar dari tubuh.
Selain itu, berkumur dengab air juga dapat menurunkan risiko terkena flu sebesar 36 persen.

Konsumsi buah segar

 Tidak ingin sakit? Pilih apel atau jeruk sebagai pengganti camilan. Selain apel dan jeruk, Anda juga dapat memilih buah-buahan lain yang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, C, dan E, yang semuanya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Cuci tangan 

Tidak ada yang lebih bermanfaat selain rutin mencuci tangan. Mencuci tangan diyakini sebagai cara terbaik untuk mencegah penyebaran kuman. Anda juga dapat membawa hand sanitizer kemanapun Anda pergi untuk digunakan ketika sulit menemukan wastafel atau air. (@dhedi'sh / Sumber : life.viva.co.id)