SPEKTAKULER! BEBATUAN TINGGI MENJULANG DI GURUN ENNEDI


Dataran tinggi Ennedi atau dikenal juga dengan Gurun Ennedi terletak di timur-utara Chad, Afrika. Ini merupakan salah satu wilayah yang paling tidak bisa diakses di tengah Sahara.
Perjalanan ke daerah ini sulit dan berbahaya karena kemiskinan negara, kurangnya fasilitas wisata, dan kerusuhan politik. Namun saat ini, daerah ini dapat diakses oleh kendaraan 4x4 meskipun tidak ada jalan regular.
Daerah ini penuh dengan formasi batu pasir yang menarik, batu-batu, dan ratusan lengkungan alami, termasuk lengkungan Aloba besar yang memiliki ketinggian hampir 120 meter dan merupakan salah satu lengkungan paling spektakuler di dunia. Selain hasil geologi, petroglyphs atau lukisan batu banyak ditemukan di tempat ini.
Di daerah selatan Ennedi terdapat beberapa gueltas (kolam gurun), Guelta d’Archei dekat Kota Fada merupakan salah satu yang populer. Danau merupakan sumber utama air di padang pasir yang sering dikunjungi oleh banyak orang dan unta yang tiada habisnya. Di danau inipun terdapat buaya gurun yang memakan ikan dan kotoran unta. Demikian seperti dikutip AmusingPlanet, Selasa (2/10/2012).
Pada 2012, tim pendaki yang dipimpin oleh Mark Synnott, Alex Honnold, James Pearson, Tim Kepler, dan Renan Ozturk menjadi pendaki gunung pertama lengkungan Ennedi yang memiliki skala terbesar. (@dhedi’sh / Sumber: okezone.com)